Bupati Barito Kuala: Tingkatkan Semangat Bela Negara

Senin, 19 Desember 2016 16:11 WITA
Bupati Barito Kuala: Tingkatkan Semangat Bela Negara - 12-peringatan_bela_negara_(2).jpg
Pemkab Barito Kuala
Peringatan Hari Bela Negara ke-68 Tahu 2016 di halaman Kantor Bupati Batola, Senin (19/12/2016).
Bupati Barito Kuala: Tingkatkan Semangat Bela Negara - 12-peringatan_bela_negara_(1).jpg
Pemkab Barito Kuala
Peringatan Hari Bela Negara ke-68 Tahu 2016 di halaman Kantor Bupati Batola, Senin (19/12/2016).
Bupati Barito Kuala: Tingkatkan Semangat Bela Negara - 12-peringatan_bela_negara_(4).jpg
Pemkab Barito Kuala
Peringatan Hari Bela Negara ke-68 Tahu 2016 di halaman Kantor Bupati Batola, Senin (19/12/2016).
Bupati Barito Kuala: Tingkatkan Semangat Bela Negara - 12-peringatan_bela_negara_(3).jpg
Pemkab Barito Kuala
Peringatan Hari Bela Negara ke-68 Tahu 2016 di halaman Kantor Bupati Batola, Senin (19/12/2016).

MARABAHAN - Peringatan Hari Bela Negara Tahun 2016 mengangkat tema “Indonesiaku Tercinta, Kan Kubela Sepanjang Masa”.

“Tema ini diharapkan mampu menjadi media dalam rangka meningkatkan dan menggugah kesadaran bela negara seluruh bangsa Indonesia,” tutur Bupati Barito Kuala (Batola) H Hasanuddin Murad dalam sambutan tertulis disampaikan Sekdakab Batola Ir H Supriyono pada Peringatan Hari Bela Negara ke-68 Tahu 2016 di halaman Kantor Bupati Batola, Senin (19/12/2016).

Dikatakan, Peringatan Hari Bela Negara sekaligus mendorong semangaat mewujudkan pembangunan karakter sebagai potensi dalam mendukung pembangunan sistem pertahanan negara yang bersifat semesta.

Bupati juga mengharapkan, momentum ini dapat mengingatkan kepada semua untuk terus belajar dari sejarah perjalanan perjuangan bangsa karena sejarah mencatat Indonesia bisa berdiri tidak terlepas dari semangat bela negara seluruh kekuatan mulai dari prajurit TNI, petani, pedagang kecil, nelayan, ulama, santri, dan seluruh komponen lainnya.

Di samping itu, momen ini juga diharapkan semakin memperkokoh rasa persatuan dan kesatuan bangsa sekaligus mempererat rasa kebersamaan dalam bingkai ke-Bhinneka Tunggal Ika-an yang memperkuat kecintaan kepada NKRI.

“Sebagaimana kita ketahui, urusan bela negara ini merupakan hak dan kewajiban setiap warga negara yang diatur dalam UUD 1945 pasal 27 ayat 3 dan pasal 30 ayat 1 serta UU Nomor 3 Tahun 2002 tentang Pertahanan Negara yang pada intinya mengamanatkan setiap warga negara berhak dan wajib ikutserta dalam upaya pembelaan negara dan pertahanan keamanan,” katanya.

Ditambahkan, urusan bela negara diselenggarakan melalui pendidikan kewarganeragaan melalui pendidikan kewarganeragaan, pelatihan dasar kemiliteran secara wajib, pengabdian sebagai prajurit tentara nasional Indonesia secara suka rela atau secara wajib dan pengabidan sesuai profesi masing-masing.

Karenanya, kepada seluruh komponen masyarakat bupati mengajak untuk mempersiapkan kader-kader bela negara sejak dini, kader-kader bangsa yang memiliki sikap dan karakter yang disiplin serta menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa yang terkandung dalam Pancasila guna menghadapi tantangan dan ancaman yang kian berat dan kompleks di masa depan.

“Semoga momen ini dapat menjadi pengingat terhadap perjalanan perjuangan bangsa baik dalam mengantisipasi munculnya benih perpecahan yang mengancam kedaulatan serta keutuhan maupun dalam memacu semngat seluruh komponen,” kata bupati. (HUMPRO BATOLA)

Penulis: Pemkab Barito Kuala
Editor: Pemkab Barito Kuala
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
4386 articles 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2019
Atas